-->

Menampilkan Data Select Option Dari Database Mysql Dengan PHP

Menampilkan data kedalam select option dengan php mysql
Menampilkan data kedalam select option

Seperti pada judulnya, pada artiktikel ini saya akan membuat dropdown select option dan menampilkan data dalam database kedalam select option menggunakan PHP. Sebenarnya banyak cara untuk membuat ini, namun salah satu cara saya untuk membikin ini, saya menggunakan cara dibawah ini dalam menampilkan data kedalam select option dengan php dan database.


Berikut cara menampilkan data berdasarkan dropdown select option php mysql

Html Dropdown Select Option

<select name="" id="">
    <option value="">1</option>
    <option value="">2</option>
</select>
Code diatas merupakan code default select option html, nah lalu bagaimana cara menerapkan data kedalam select option tersebut? Selanjutnya pastinya kita membutuhkan koneksi ke database, berikut adalah cara membuat koneksi ke database dengan php.

Membuat Koneksi Database

<?php $koneksi = mysqli_connect("localhost", "root", "", "select_option"); ?>
Pada code diatas, dalam variabel koneksi terdapat fungsi mysqli_connect yang memiliki 4 parameter. Pada dasarnya, mysqli_connect() merupakan fungsi untuk menghubungkan kedalam database, lalu, jika menggunakan xampp, pada parameter pertama merupakan nama host defaultnya "localhost", yang kedua merupakan username dari mysql defaultnya "root", yang ketiga perupakan password dari mysql yang defaultnya "kosong" dan yang keempat merupakan nama database. 
Langkah selanjutnya, kita akan membuat tabel database, karna saya sudah membuat tabelnya saya langsung masuk saja cara pemanggilan data ke dalam select option. Dan gambar dibawah ini merupakan data yang saya buat

Menampilkan Data Select Option

<select name="" id="">
    <?php
    $qry = $koneksi->query("SELECT * FROM data");
    while($data = $qry->fetch_assoc()){?>
        <option value="<?= $data['id'];?>"><?= $data['name'];?></option>
    <?php } ?>
</select>
Nah salah satu cara saya untuk menampilkan data kedalam select option pada code diatas, di bawah tag <select> saya membuat tag php untuk mengambil data dari tabel data, karna saya memiliki banyak data, maka saya ulang dengan menggunakan perulangan while. query didalam variabel qry merupakan fungsi query terhadap database, sedangkan variabel koneksi merupakan variabel yang saya buat diatas yang didalamnya terdapat fungsi untuk memulai koneksi kedalam database dan variabel qry bisa kamu ganti dengan nama apapun. Sedangkan kondisi didalam while terdapat variabel data, variabel data bisa kamu ganti dengan nama apapun.
Lalu setelah perulangan while ,menampilkan nama dari kolom database dan memiliki value dari masing-masig name. Tag <?= , sama juga dengan <?php echo . 

Jika kode tersebut dijalnkan, maka hasilnya akan seperti gambar di bawah.

Dan berikut ini adalah full dari kode diatas.

<?php $koneksi = mysqli_connect("localhost", "root", "", "select_option"); ?>

<select name="" id="">
    <?php
    $qry = $koneksi->query("SELECT * FROM data");
    while($data = $qry->fetch_assoc()){?>
        <option value="<?= $data['id'];?>"><?= $data['name'];?></option>
    <?php } ?>
</select>